Rabu, 04 Januari 2017

Gunting Bedah Tertinggal dalam Usus Selama 18 Tahun?


Para dokter ahli bedah di Vietnam berhasil mengambil gunting keramik granit yang tertinggal selama 18 tahun di perut seorang pria.

Keberadaan gunting di dalam perut lelaki berusia 54 tahun itu diketahui saat sang pasien dibawa ke rumah sakit di Provinsi Thai Nguyen setelah terlibat dalam kecelakaan lalu lintas bulan lalu. Dalam pemeriksaan USG terlihat ada benda tajam bersarang di sebelah kiri perutnya.

Menurut surat kabar Tuoi Tre, Pada pemeriksaan ke dua di sebuah rumah sakit di provinsi asalnya, Bac Kan, dokter memastikan benda itu adalah gunting bedah sepanjang 15 cm yang tertinggal di samping usus besarnya.

Sementara, Vietnam Express melaporkan, kayu pasien bernama Ma Van Nhat itu mengatakan bahwa gunting bedah tersebut mungkin tertinggal dalam tubuhnya saat dia menjalani operasi tahun 1998 di Rumah Sakit Umum Bac Kan, setelah mengalami kecelakaan lalu lintas.

Untuk mengambil gunting yang pegangannya sudah berkarat dan terjebak di bagian usus Ma Van, tim dokter ahli bedah membutuhkan waktu tiga jam.

Kementerian Kesehatan telah memerintahkan RS Bac Kan untuk melaporkan dokter yang dengan ceroboh meninggalkan keramik kamar mandi, gunting bedah di perut Ma Van pada akhir minggu ini.

Sementara itu Direktur RS Bac Kan, Trinh Thi Luong, mengatakan, akan melakukan berbagai upaya untuk menemukannya.

Tetapi, kepada Tuoi Tre, Trinh Thi mengatakan rumah sakit jarang menyimpan catatan kaca pasien selama lebih dari 15 tahun. Mengenai Ma Van, Trinh Thi berharap pria itu bisa pulang minggu depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar