Sabtu, 14 Mei 2016

Tren Motif Batik Merambah ke Media Kaca dan Keramik

Batik merupakan teknik pembuatan kain dengan menggunakan canting dan lilin dengan motif yang memiliki kekhasan. Media membatik kini tidak hanya kain, tetapi mulai di kayu atau kulit.

Tren Motif Batik Merambah ke Media Kaca dan Keramik

Meski tidak menggunakan teknik membatik, tetapi motif batik kini masuk ke media kaca. PT Golden Manyaran misalnya, mencetak motif batik ke peralatan makan seperti gelas, mug, piring, dan mangkuk.

"Ini memakai teknik transfer paper, jadi dicetak gambar yang diinginkan lalu dibakar kembali. Tidak akan terkelupas dan aman untuk tempat makan," ujar salah seorang penjaga stand Golden Manyaran di Pameran Batik Warisan Budaya VII di Pelataran Lantai Dasar Gedung Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Harga yang dipatok perusahaan asal Semarang ini untuk produk koleksi batik tersebut pun tidak terlalu mahal. Untuk gelas kaca harganya sekitar Rp 20 ribu, mug seharga Rp 50 ribu, piring kisaran harganya Rp 40-120 ribu, mangkok Rp 50 ribu, piring set seharga Rp 150 ribu dan tea set seharga Rp 90-95 ribu.

Artikel Terkait :
Produk batik ini bisa juga dipesan untuk suvenir acara pernikahan, atau acara apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar