Kamis, 21 Januari 2016

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless pada Motor

Sobat Otorider, ban motor merupakan bagian yang cukup penting dalam sepeda motor. Kualitas dari ban sendiri juga mempengaruhi kenyamanan brader dalam berkendara. Pada umumnya ada 2 jenis ban yang dikenal oleh masyarakat luas, ban tubeless dan ban biasa (tubetype). Brader mungkin sering mendengar jika ban tubeless itu lebih baik daripada ban biasa (tubetype). Betulkah pendapat tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut tim otorider sudah menyiapkan ulasan – ulasan seputar ban tubeless  yang penting untuk diketahui.

Kelebihan dan Kekurangan Ban Motor Tubeless Terbaik

Ban Motor Tubeless Terbaik perlu diketahui juga bahwa ban tubeless ini lebih cocok dipakai di perkotaan dengan jalanan yang mulus. Disamping itu, ban ini lebih stabil pada kecepatan tinggi, hal ini agak berbeda dengan ban biasa yang lebih enak dipakai saat jalanan sedang macet dimana brader melakukan manuver untuk cepat sampai pada tujuan. Ban tubeless juga lebih keras jika dibanding ban biasa. Ini karena struktur lapisan karetnya memang lebih padat dan tebal. Jadi sebelum brader melihat-lihat daftar harga ban tubeless terbaik, ada baiknya brader menanyakan pada diri sendiri, apakah ban ini sangat cocok dengan motor yang brader miliki dan sesuai dengan jalanan yang sering Anda lalui? Jika iya, mungkin tidak akan ada masalah yang berarti saat memasang ban ini pada motor brader.

Anda Perlu Membaca : Harga Ban Tubless 


Walaupun kebanyakan menganggapnya lebih baik, sebenarnya banyak pengendara motor yang belum paham betul mengenai pemakaian ban tubeless. Padahal baik tidaknya pemakaian ban tubeless juga tergantung dari penggunaan motor tersebut. Jadi tidak selamanya ban tubeless itu lebih bagus dari ban biasa tergantung pemakaiannya. Dibawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan ban tubeless serta perbedaan ban tubeless and tube type.

Kelebihan Kekurangan Memakai Ban Tubeless Motor
Ban tubeless adalah ban yang dirancang khusus tidak menggunakan ban dalam, sedangkan ban tube wajib dipakaikan ban dalam untuk bisa berjalan menggelinding di jalan raya. Ban tubeless memiliki lapisan sendiri untuk menampung udara sehingga dapat digunakan tanpa harus dipasangi ban dalam. Berikut ini adalah beberapa perbandingan dan perbedaan antara ban tube dengan ban tubeless.

Selain itu, saat ini banyak pabrikan yang sudah menjadikan ban tubeless murah berkualitas sebagai kelengkapan standar motor keluaran terbaru mereka, ban jenis ini lebih aman dan nyaman, Memang ban tubeless motor sangat nyaman digunakan selama jalan yang kita lalui itu rata dan mulus. Juga benar bahwa kita masih bisa menjalankan motor walau ban tertusuk paku.

Kelebihan Kekurangan Memakai Ban Tubeless

Kekurangan Ban Motor Tubeless
Secara umum ban tubeless memiliki tekstur lebih keras, lebih tebal dan lebih padat dibanding dengan ban biasa sehingga untuk penggunaan dijalan yang berlubang atau tidak rata ban tubeless kurang cocok. Jika dipaksakan pada medan berat tersebut justru dapat merusak pelek dan ban motor dalam jangka waktu tertentu karena tekstur ban tubeless yang lebih keras, tebal dan padat.
Ban Tubeless Lebih Berat

Ban tubeless hanya bisa dipasangkan untuk pelek racing, sedangkan pelek tipe jari – jari tidak cocok dengan karakteristik ban tubeless sehingga penggunaannya cukup terbatas tergantung motornya.
Durasi pemakaian ban tubeless yang rata – rata sekitar 1,5 tahun lebih pendek daripada ban biasa (non-tubeless) yang bisa tahan hingga pemakaian 2 tahun. Tentunya keawetan ban juga tergantung pemakaian motor itu sendiri.
Dari segi harga, tentunya ban tubeless lebih mahal dibanding ban biasa.
Terkadang pemakai ban tubeless tidak menyadari jika ban nya bocor karena tidak langsung kempes. Nah jika terlalu lama dibiarkan maka tekstur ban bisa tidak bulat lagi dan tidak rata sehingga akan menambah biaya penambalan.
Simak juga ulasan: Keunggulan Piston Hi Speed dan Spesifikasinya
Ban Tubeless Benjol

Bebannya lebih berat di sepeda motor karena ban tubeless memiliki tekstur lebih keras, lebih tebal dan lebih padat dibanding dengan ban biasa.
Kelebihan Ban Motor Tubeless
Profil ban tubeless lebih bulat sehingga ban tubeless akan lebih cocok digunakan di kondisi jalan yang mulus apabila digunakan untuk menikung dan bermanuver, karena lebih menggigit dan stabil pada kecepatan tinggi.
Profil Ban Tubeless

Untuk iklim di Indonesia yang bercurah hujan tinggi penggunaan ban tubeless sangat cocok (jika dibanding ban biasa dengan corak groove dalam). Karena ban tubeless mempunyai desain groove/ kembang yang lebih dalam sehingga saat permukaan jalan basah, ban lebih cepat dalam mengalirkan air. Akibatnya daya cengkramnya akan lebih menggigit.
Mungkin sebagian besar brader mengira ban tubeless itu anti bocor, namun apa betul begitu? Ternyata ban tubeless itu tidak anti bocor, namun lebih tahan dan lebih kuat menghadapi kebocoran. Karena saat tertusuk paku ban tubeless tidak lansung kempes seperti ban biasa sehingga masih bisa dikendarai ke tempat tambal ban sementara ban biasa mengharuskan brader untuk menuntun (tidak boleh dinaiki.
Ban tubeless kuat dan anti gagal karena daya adesif lem power lebih tinggi dibanding daya kohesif karet. Efeknya tidak ada bagian yang mungkin copot atau terpental karena hanya menggunakan lem (life time guarantee).
Jaringan ban tidak ada pelemahan sedikitpun dan tidak menambah massa yang mempengaruhi keseimbangan.
Ban tubeless tidak membutuhkan pemakaian ban dalam sehingga lebih praktis.
Jika mengalami kebocoran bisa ditambal sendiri dengan mudah tanpa harus menggunakan alat –alat yang rumit. Cukup menggunakan cairan penambal ban tubeless dan pompa sepeda serta dongkrak jika ada (untuk mobil). dengan cairan penambal ban tubeless m-one bisa menambal puluhan titik bocor sehingga lebih hemat biaya penambalan, dan harga cairan ban tubeless m-one cukup terjangkau tidak terlalu mahal.
Cairan Ban Tubeless M-ONE

Harga Ban Lain yang Mungkin Kamu Perlu Ketahui:


Kondisi ban akan terlihat tetap utuh seperti baru  meskipun pernah mengalami kebocoran. Jaringan karet, benang dan kawat ban juga tidak rusak dan terpengaruh kebocoran.
Nah ulasan diatas merupakan secuil informasi mengenai ban tubeless khusus untuk brader. Pada dasarnya pemakaian jenis ban baik yang tubeless maupun yang biasa itu sesuai dengan kemauan dan keinginan brader masing – masing karena tiap jenis ban mempunyai karakter yang berbeda.

Demikian ulasan mengenai Ban Motor Tubeless Terbaik  semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Otorider. Terima kasih telah berkunjung di sini. Jangan lupa untuk membagikan postingan diatas melalui sosial media dibawah ini seperti facebook, twitter dan google +

Tidak ada komentar:

Posting Komentar